Tuesday, January 21, 2014

Cara mengoptimalkan kinerja komputer

Pada kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan kepada sahabat sekalian mengenai bagaimana cara mengoptimalkan kinerja komputer menjadi lebih baik.

Berbicara soal kinerja komputer yang lemot alias lambat tentu anda pasti sangat merasa risih jika mengalami hal tersebut khususnya pada komputer atau laptop pribadi anda, padahal melihat spesifikasi hardware komputer atau laptop anda cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai program yang cukup termasuk dalam kategori besar.




Berikut saya akan share pengetahuan saya mengenai cara mengoptimalkan kinerja komputer. Informasi ini saya jelaskan berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri :
  1. Pahami dan ketahui terlebih dahulu spesfikasi hardware laptop atau komputer anda, sebelum melakukan proses instalasi software, agar hardware laptop atau komputer anda dapat bekerja dengan maksimal sesuai dengan software yang suport atau dapat dijalankan laptop atau komputer anda.
  2. Melanjutkan pada poin yang pertama, pilih aplikasi atau software yang cukup ringan.
  3. Jika anda banyak menggunakan aplikasi, usahakan local disk (C) penyimpanan sistem windows anda diberi space atau ruang yang cukup banyak. Agar partisi sistem anda dapat bekerja dengan baik.
  4. Kurangi berbagai macam gadget yang dapat menyerap kinerja RAM (Random Access Memory)
  5. Kurangi icon shorcut yang tidak terlalu penting pada desktop laptop atau komputer anda.
  6. Bersihkan file-file registry sistem windows laptop atau komputer anda.
  7. Manfaatkanlah sistem tools bawaan windows dalam hal ini "disk clean up dan hardik defragment" untuk menjaga performa kinerja hardisk anda.
  8. Menjaga partisi penyimpanan data anda (D dan E ) agar tidak terlalu penuh, usahakan sisakan ruang space minimal 15 G free.
  9. Lakukan instalasi anti virus pada laptop atau komputer anda, agar terhindar dari Malware dan sebagainya yang dapat menghalangi atau mengurangi kinerja proses pembacaan data pada sistem windows anda.
  10. Jika masih belum puas, anda dapat mengupgrade RAM (Random Access Memory) laptop atau komputer anda.
  11. Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk meningkatkan performa kinerja komputer atau laptop anda. Anda dapat melakukan searching di google tentang aplikasi tersebut.
  12. Dianjurkan untuk menjaga kebersihan komputer atau laptop anda.
  13. Jagalah sirkulasi udara laptop anda agar tidak terjadi Overhating pada komputer atau laptop anda.
  14. Jika ingin lebih maksimal lakukan pembersihan pada seluruh bagian laptop baik dari dalam maupun dari luar. Dalam hal ini kita memfokuskan pada pembersihan kipas prosesor (headtsing fun) dan penambahan atau penggantian termal paste prosesor (pasta prosesor) , dalam hal ini anda dapat meminta bantuan kepada orang yang profesional.
Semoga info diatas dapat membantu teman-teman sekalian dalam menangani komputer atau laptop yang lemot atau lambat.

Indahnya berbagi... !!!!!






Categories:

0 comments:

Post a Comment