Monday, January 20, 2014

Cara menghilangkan insomnia

         Insomnia adalah gejala atau kelainan dalam tidur dimana seseorang yang mengalami insomnia akan kesulitan secara berulang-ulang untuk tidur, serta mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Insomnia juga dapat menyebabkan gejala gannguan fungsional saat bangun dari tidur.


            Insomnia sendiri sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit dan adanya permasalahan psikologis baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

Berikut tips cara menghilangkan insomnia :

  1. Hindari cahaya saat tidur. seperti yang kita ketahui cahaya sangat mempengaruhi proses dari hormon melatonin. Hasil penenlitian membuktikan bahwa mengurangi intensitas cahaya saat tidur dapat menghambat proses produksi dari hormon tersebut.
  2. Hindari kebiasaan melihat ke arah jam secara terus-menerus. Kebiasaan ini dapat menimbulkan rasa khawatir bagi anda, jika secara terus-menerus dilakukan anda akan merasa tersiksa, sebab sisa waktu yang tersisa untuk esok harinya dapat mendorong anda untuk memaksakan diri untuk menutup mata tanpa adanya proses relaksasi tubuh terlebih dahulu.
  3. Hindarilah efek kafein paling banyak sembilan jam sebelum tidur. Saat menjelang tidur biasakanlah untuk menghindari segala jenis makanan dan meinuman yang mengandung kafein.
  4. Atur jadwal tidur anda. Jadwal tidur yang teratur akan membuat tubuh dan otak secara tidak langsung berkebiasaan tetap pada siklus waktu tidur yang anda buat.
  5. Jalankan pola olahraga yang teratur. Hal ini dianjurkan agar prose metabolisme tubuh anda dapat berjalan dengan baik.
  6. Menetralisir suara. Kurangi suara yang anda dengar di dalam rumah ini anda, suara yang anda dengar dapat mengurangi sebagian waktu tidur anda. anda bisa mencari alternarif laiinya untuk melawan suara-suara tersebut dengan suara yang lebih teratur dan tenang sesuai dengan keinginan anda, misalnya menyalakan kipas atau suara laiinya. anda juga dapat menggunakan tutup telinga untuk mengurangi suara tersebut.
  7. Hindari kebiasaan merokok. Hasil penelitian membuktikan bahwa rokok merupakan salah saru dari penyebab insomnia yang terjadi secara simultan. Tips cara berhenti merokok dengan cepat.
  8. Relaksasikan pikiran anda sebelum tidur. Redakan emosi anda dan juga fikiran anda terhadap apa yang telah terjadi pada hari itu, proses ini sebaiknya dijalankan satu jam sebelum tidur.
  9. Gunakanlah bantal untuk meringankan rasa nyari dibagian punggungu karena dampak dari aktifitas pada hari itu.
  10. Tempat posisi leher pada tempat yang nyaman dan netral, sebab kesalahan posisi dalam tidur dapat membuat bagian tubuh terasa sakit dan kurang fresh saat bangun pagi.
  11. Perlhatikan kebersihan tempat tidur anda secara teratur, kebersihan tempat tidur menjadi salah satu faktor pendukung untuk mengurangu insomnia, tempat tidur yang kurang bersih akan menyebabkan terjadi alergi, serta gata-gatal yang dapat menggganggu proses tidur anda.
  12. Jika perubahan tidak terjadi segeralah berkonsulstasi pada pihak dokter. Biasanya pada kasus ini dokter akan memberikan anda obat tidur untuk mengurangi gejala insomnia yang sudah begitu parah.
  13. Dan yang terakhir, Gunakan obat tidur daru dokter sesuai resep penggunaan yang telah dicantumkan dokter tersebut.

Sekian tips dari saya, semoga dapat membantu bagi teman-teman yang sampai saat ini masih mengalamin gejala insomnia. semoga artikel ini dapat membantu teman-teman semua.


Indahnya Berbagi.....!!!!











0 comments:

Post a Comment